WELLCOME TO MY BLOG

Wellcome To My Blog, selamat berkunjung dan agar menjadi Tamu yang baik jangan lupa tinggalkan
komentarnya ea?? tks

Kamis, 17 Februari 2011

BEDA JIN,IBLIS DAN SETAN ( dialog Iblis dgn Allah S.W.T )

1. JIN
Jin diciptakan oleh Allah S.W.T dari api yang Menyala yang sangat panas.
*Dan Kami telah menciptakan jin sebelum dari api yang sangat panas.(QS.Al-Hijr : 27)

*dan Dia menciptakan jin dari nyala api.(QS.Ar-Rahman : 15 )

*Dan Kami telah menciptakan jin sebelum dari api yang sangat panas.(QS.An-Naml : 17 ) 

Jin itu ada yang Islam dan ada pula yang tidak alias Kafir
    
Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh dan di antara kami ada yang 
 tidak demikian halnya. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda. (QS.Al-Jin :11 )


Contoh :
 Jin Islam adalah Jin yang Menjadi Tentara Nabi Sulaiman as, dimana Allah S.W.T Menjadikan Nabi Sulaiman Mampu menguasai bangsa Jin..

*Dan Kami kurniakan kuasa menggunakan angin bagi Nabi Sulaiman,
untuk perjalanannya,yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan dan Kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebahagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala.(QS.Saba' : 12 ) 

*Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang seperti kolam dan periuk yang tetap . Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur . Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih. (QS. Saba? : 13)


2.IBLIS
Iblis adalah makhluk yang durhaka jenisnya adalah jin,Al-Quran Al-Kariem secara tegas menyebutkan bahwa Iblis itu adalah dari jenis Jin.
Iblis lah yang menggoda nabi Adam untuk memakan buah Kuldi dan juga tidak patuh
kepada adam (manusia yang pertama )untuk bersujud.

*Dan ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (QS.Al-Baqarah : 34) 

*Dan ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam , maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti bagi orang-orang yang zalim.(QS.Al-Kjahfi : 50) 
Iblis tidak mau sujud karena rasa sombongnya, karena diri nya lebih baik dari pada adam, karena adam diciptakan dari Tanah, sementara dia (Jin)  dari Api,

*Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". (QS.Al-Araf : 12 ) 

Iblis ini tidak akan mati sampai hari kiamat tiba dan Allah memang menangguhkan umur nya
 alias panjang umur untuk Iblis .
Yuk Kita simak dialog nya dengan Allah S.W.T.

** Iblis berkata: "Ya Tuhanku, beri tangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan". Allah berfirman: "Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh, sampai kepada hari yang telah ditentukan waktunya ". (QS.Shaad : 79-81 ) 

* Iblis menjawab: "Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan". Allah berfirman: "Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh." (QS.Al-Araf : 14-15 ) 

** (QS.Al-Araf :  16)
Iblis berkata: “Oleh kerana Engkau (wahai Tuhan) menyebabkan daku tersesat (maka) demi sesungguhnya aku akan mengambil tempat menghalangi mereka (dari menjalani) jalanMu yang lurus;

**(QS Al-Araf : 17)
“Kemudian aku datangi mereka, dari hadapan mereka serta dari belakang mereka, dan dari kanan mereka serta dari kiri mereka; dan Engkau tidak akan dapati kebanyakan mereka bersyukur”.

**(QS. Al-Araf :18)
Allah berfirman: “Keluarlah engkau dari Syurga sebagai makhluk yang terhina serta terusir. Sesungguhnya sesiapa di antara mereka yang menurutmu, tetaplah aku akan memenuhi neraka jahanam dengan (golongan) kamu (yang derhaka)semuanya;




3.SETAN
Setan ini adalah Mahkluk yang kerjanya merayu, menggoda, umat manusia untuk
berbuat jahat atau kemungkaran di atas bumi ini,agar masuk NERAKA
 setan ini memang musuh bebuyutan umat manusia Sejak Nabi Adam.

Mari kita simak ayat Al-quran dibawah ini :

*Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.(QS. Al-Baqarah : 169 ) 

** Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.QS.Al-Baqarah : 208 ) 

***Syaitan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal syaitan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka. (QS.An-Nisa : 120 ) 

Mereka itu, tempat akhirnya ialah neraka jahanam, dan mereka pula tidak akan dapat melarikan diri daripadanya.(QS.aN-Nisa :  121)

**** Katakanlah: "Aku berlidung kepada Tuhan manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia. (QS.An-Naas : 1-6 )

***** Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan manusia dan jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu . Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. (QS.Al-Anam : 112) 

***** Dan juga supaya hati orang-orang yang tidak beriman kepada hari akhirat cenderung kepada bisikan itu, dan supaya disetujui oleh mereka, dan juga supaya mereka (terus) melakukan apa yang mereka lakukan itu.(QS.Al-Anam: 113)


By: Syaf Panglima Melayu :::: 2011


Tidak ada komentar: